Resep Minuman Sarabba Penghangat Khas Makassar

Cara Membuat Sarabba Khas Makassar – Aktivitas yang kita lakukan setiap akan membuat tubuh dan raga lelah dan memiliki potensi menurunnya daya tahan tubuh. Saat itulah yang membuat seseorang dapat mudah mengalami berbagai penyakit. Kondisi seperti biasanya membutuhkan beberapa penangan pencegahan seperti beristirahat yang cukup, memakan buah-buahan, menjamin asupan makan dan gizi, dan meminum minum yang memiliki kaya akan kasiat.

Salah satu minum yang memiliki kasiat luar biasa adalah Sarabba. Minuman ini berasa pedas dan menghangatka tubuh. jika Anda pernah meminum minuman wedang jahe, minuman ini mungkin akan terasa seperti minuman tersebut. Minuman khas makassar ini sangat baik diminum saat cuaca yang dingin atau malam hari sebab akan memberikan efek kehangatan yang dimana ini berguna untuk mengatasi gejala-gejala masuk angin dan angin malam yang berpotensi penyakit.

Sarabba sampai saat ini belum diketahui kejelasan khas asalnya, sebagian besar orang hanya mengetahui minuman dari makassar, sulawesi selatan. Namun beberapa orang mengatakan minuman ini berasal dari orang arab saudi yang membawa resep minumannya ke sulawesi selatan pada abad terdahulu. Minuman ini sangat cocok dihidangkan bersama dengan makanan ringan atau gorengan atau menu hidangan sore dan malam hari. Minuman ini menggunakan bahan utama dari jahe, kayu manis. Namun beberapa warung atau orang menyajikan minuman ini dengan susu atau kuning telur yang langsung dicampurkan ke dalam tengah wadah gelas.

Cara Membuat Sarabba Khas Makassar

untuk membuat minuman ini sendiri tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan olahan utama seperti jahe, dan beberapa bahan lainnya. Lebih jelasnya mengenai cara membuat sarabba ini, bisa Anda lihat melalui rincian berikut ini:

Bahan Minuman Sarabba :

  • 5 gelas air bersih
  • 300 gr jahe
  • 300 gr gula merah
  • 2 batang kayu manis
  • 2 butir kuning telur ayam
  • 150 ml santan kental
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat Minuman Sarabba Khas Makassar :

  1. Rebus air bersama gula merah hingga gula merata dan setengah mendidih. Selama proses, aduk rebusan agar gula merah cepat larut dan tercampur merata.
  2. Campurkan Kayu Manis dan Jahe yang telah Anda cuci bersih sebelumnya dan telah diparut sebelumnya.
  3. Rebus hingga kayu manis dan sari jahe mulai bearoma dan merata dengan gula merah.
  4. Turunkan api ke api sedang, kemudia campurkan santan lalu aduk perlahan agar santan tidak pecah. Tunggu hingga adonan benar-benar mendidih sempurna
  5. Campurkan sedikit merica dan kuning telur. Kemudian aduk secara cepat agar tercampur rata.
  6. Angkat kemudian saring jahe dan kayu manis.
  7. Tuangkan ke wadah gelas dan hidangkan

Itulah beberapa langkah mudah dan resepa tau bahan olahan yang digunakan untuk membuat sarabba khas makassar yang dapat menghangatkan tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untk Anda nantinya.

Resep terkait:

Resep Minuman Sarabba Penghangat Khas Makassar | Woiden | 4.5