Cicipi Makanan Khas Aceh Yang Sangat Lezat Ini

Cicipi Makanan Khas Aceh Yang Sangat Lezat Ini – Tanah Rencong tak hanya lekat dengan unsur budaya Melayunya yang kental. Namun juga kulinernya yang tak jauh dari pengaruh Melayu. Aceh memiliki kebudayaan yang masih lekat dijunjung sampai saat ini. termasuk untuk kuliner tradisionalnya yang masih banyak dijumpai. Kuliner khas Aceh memang tak jauh dari unsur Melayu. Namun ciri khas nya lebih spesifik dengan bumbu rempahnya yang khas. Uniknya lagi anda bisa menemui salah satu makanan khas yang bentuknya hampir mirip dengan kuliner di Pulau Jawa.

Yaitu Bohromrom yang secara sekilas mirip kue klepon. Biasanya kuliner khas ini disajikan pada saat acara-acara tertentu. Namun anda juga bisa dengan mudah menjumpainya di penjual makanan disekitar kawasan Aceh. Jadi tidak hanya mengunjungi tempat-tempat wisatanya saja. Cobalah berbagai makanan khas Aceh untuk melengkapi pengalaman liburan anda di tanah Rencong ini. selengkapnya untuk makanan khas Aceh akan diulas secara lanjut berikut ini.

Berbagai Makanan Khas Aceh Yang Lezat

  1. Bohromrom
Makanan Khas Aceh

Bohromrom

Bohromrom juga dikenal dengan istilah Kue Boh Duek Beudeh. Makanan khas Aceh ini berbahan dasar tepung ketan yang dicampur air panas serta garam. Secara sekilas kue tradisional ini mirip klepon yang ada di Pulau Jawa. Hanya saja bentuknya lebih besar. biasanya kue dengan rasa legit ini disajikan untuk menjamu tamu atau sebagai hidangan di berbagai acara besar. anda bisa mendapati kue tradisional ini secara mudah di penjuru Aceh.

  1. Lepat
Makanan Khas Aceh

Lepat

Biasanya masyarakat Gayo menyajikan Lepat di hari-hari tertentu. Kue basah yang dibalut dengan daun pisang ini terbuat dari tepung ketan dengan isian gula merah. Adonannya sekilas memang mirip klepon hanya saja dibalut dengan daun pisang. Makanan tradisional Aceh ini bisa tahan sampai 2 minggu jika diproses dengan cara diasapi. Nama kue tradisional ini sama dengan yang ada di Jawa hanya saja Lepat versi Jawa menggunakan beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan garam.

  1. Keumamah
Makanan Khas Aceh

Keumamah

Keumamah memiliki rasa yang gurih karena berbahan dasar ikan tuna yang dipotong kecil-kecil dan dikeringkan. Biasanya Keumamah diolah dengan tambahan santan kelapa, cabai hijau dan kentang. Untuk bekal perjalanan jauh, makanan dengan nama lain katshiobushi ini juga cocok untuk dibawa. Dulunya Keumamah juga dijadikan andalan sebagai logistik ketika perang melawan penjajah karena sifatnya yang tahan lama dan mudah dimasak.

  1. Rujak Aceh Samalanga
Makanan Khas Aceh

Rujak Aceh Samalanga

Aceh juga memiliki sajian khas berupa rujak dengan cita rasa asam, manis dan pedas yang berpadu. Dalam proses pembuatan rujak Aceh menggunakan cobek batu yang bisa menampung 50 porsi sekaligus dengan ulekan yang terbuat dari kayu jati. Isian rujak aceh ini sendiri sama halnya dengan rujak pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah tambahan pisang batu dan rumbia atau salak khas aceh yang membuat cita rasanya khas.

  1. Meuseukat
Makanan Khas Aceh

Meuseukat

Bentuk Meuseukat sekilas seperti dodol nanas. Bahan dasarnya memang berupa nanas yang dicampur dengan tepung terigu. Paduan bahan yang unik ini membuat cita rasanya makin lezat. makanan dengan cita rasa manis dan asam ini biasanya diolah sesuai dengan pesanan dan hanya dihidangkan di saat-saat tertentu saja. jika anda ingin mencicipi olahan nanas khas Aceh ini sebaiknya pesan terlebih dulu jauh-jauh hari.

Nah, itu dia berbagai makanan khas Aceh yang lezat dan bisa anda coba. Semoga bermanfaat menambah informasi mengenai kuliner Bumi Rencong yang lezat.

Resep terkait:

Cicipi Makanan Khas Aceh Yang Sangat Lezat Ini | Deddy | 4.5