Cara Membuat Wedang Angsle Khas Jawa Timur

Cara Membuat Minumam Wedang Angsle Khas Jawa Timur – Angsle atau Wedang Angsle merupakan salah satu minuman menyegarkan khas daerah Jawa Timur yang penampilannya hampir menyerupai kolak yang umumnya kita kenal. Dahulu penjual minuman Angsle itu menjajakan minumannya dengan cara berkeliling kampung hanya pada saat di malam hari. Sebab Angsle lebih terasa hangat untuk disajikan saat cuaca lagi dingin seperti saat malam hari atau saat hujan. Namun saat ini pedagang minuman Angsle tidak hanya dapat kita jumpai saat malam hari, melainkan juga pada siang hari. Bahkan beberapa pedagang menyajikan minuman ini yang dicampurkan dengan Es Batu, sehingga akan lebih segar ditenggorokan.

Minuman tradisional ini umumnya terkenal di daerah Jawa Timur, khususnya di Kota Malang. Namun untuk saat ini, minuman ini juga tidak hanya dapat Anda jumpai di kota malang, melainkan juga di daerah – daerah sekitarnya, seperti Lumajang, Kota Surabaya, bahkan hingga ke Jogja. Minuman ini menggunakan beberapa bahan campuran yang melengkapi rasanya, seperti ketan putih, kacang hijau, petulo, potongan roti, daun pandan, kacang tanah, jahe, santan gula, buah kolang kaling, dan banyak lagi.

Cara Membuat Wedang Angsle Khas Jawa Timur

Selebihnya mengenai bahan-bahan apa saja yang digunakan atau resep yang digunakan serta bagaimana cara membuat minuman Wedang Angsle khas Jawa Timur ini, bisa Anda lihat pada uraian lengkap dibawah ini:

Bahan Wedang Angsle :

  • 1 Bungkus Sagu Mutiara
  • 2 Kacang Hijau
  • 4 Lembar Roti Tawar
  • 2 Bungkus Santan Bubuk
  • 1 Bungkus Santan Kara
  • 1 Lembar Daun Pandan
  • Garam Secukupnya
  • Air Secukupnya
  • Gula Pasir Secukupnya

Cara Membuat Wedang Angsle Khas Jawa Timur :

  1. Masak Sagu mutira dengan 6 gelas air yang dituangkan kedalam panci, kemudian Aduk hingga biji mutiara berwarna agak pekat.
  2. Setelah matang sisihkan dan biarkan hingga dingin.
  3. Masak kacang hijau kedalam panci yang berisikan 500ml air hingga kacang hijau terlihat menghancur.
  4. Setelah matang , angkat dan sisihkan.
  5. Pada wadah yang berbeda, masak air sebanyak 750ml hingga 1 liter air. Kemudian didihkan santan, dan campurkan garam, gula, serta daun pandan. Aduk agar santan tidak terpecah dengan api kecil.
  6. Setelah santan mendidih, angkat.
  7. Tata masakan dalam mangkuk dengan cara ambil 2 sendok mutiara, 1 sendok kacang hijau, serta 1 lembar roti tawar. Kemudian siram santan panas secukupnya.
  8. Nikmati

Demikianlah aritkel singkat mengenai resep dan cara membuat wedang angsle yang segar khas jawa timur. Panduan ini bisa Anda coba dirumah untuk resep dapur Anda atau sebagai tambahan menu masakan.

Resep terkait:

Cara Membuat Wedang Angsle Khas Jawa Timur | Woiden | 4.5