Cara Membuat Sambal Tuktuk Tradisional Khas Batak

Cara Membuat Sambal Tuktuk Tradisional Khas Daerah Tapanuli – Sambal Tuktuk merupakan salah satu makanan khas tradisional batal yang berasal dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Makanan ini menggunakan beberapa bahan – bahan sebagai adonan olahan sambal yang penyajiannya hampir serupa dengan sambal umum lainnya yang kita kenal. Hal yang membedakan sambal ini dengan beberapa sambal lainnya, hanya terletak pada adanya campuran andaliman pada saat penyajian sambal ini.

Di daerah asal makanan ini sendiri tidak lain yakni Tapanuli, sambal ini dicampurkan dengan ikan aso-aso atau sejenis ikan kembung yang telah keringkan sebelumnya. Namun seiring variasi makanan yang semakin inovatif, makanan ini juga bisa menggunakan ikan teri tawar sebagai pengganti dari ikan aso-aso. Ikan Aso-aso atau ikan kering dai sibolga atau tapanuli tengah biasanya juga menjadi bahan utama untuk sambal ini.

Walaupun sambal ini mungkin terkesan cukup sederhana untuk jenis sambal yang biasa kita jumpai, namun makanan ini terbilang sangat populer dan menjadi racikan sambal utama untuk sebagian besar masyarakat di daerah Sumatera Utara. Sambal ini biasa disantap sembari memakanan makanan utama seperti nasi hangat, sehingga rasa pedas dan gurih akan semakin terasa dilidah.

Tentu sambal ini direkomendasikan untuk Anda ketika ingin sembari mencicipi hidangan makan siang atau pun malam di rumah Anda. Dengan pengolahan yang tidak rumit dan bahan yang tergolong mudah ditemukan, Anda bisa mencoba menghidangkannya dari rumah dengan mudah. Berikut dibawah adalah penjelasan lengkapnya.

Bahan Sambal Tuktuk :

  • 5 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 genggam ikan teri asin, sangrai
  • 1 iris jeruk nipis

Cara Membuat Sambal Tuktuk Khas Tapanuli, Sumatera Utara :

  1. Giling Cabe rawit, cabe merah, bawang merah, dan garam menggunakan cobek atau ulekan.
  2. Campurkan ikan teri sangrai, tekan-tekan bahan dengan kuat.
  3. Kemudian peraskan air jeruk nipis kedalam wadah ulekan. Kemudian pindahkan ke piring untuk disajikan.
  4. Hidangkan

Demikianlah resep sederhana dan bahan – bahan yang digunakan untuk membuat sambal tuktuk yang gurih dan pedas tradisional khas Batak dari daerah Tapanuli, sumatera utara. Kami harap resep dan langkah ini bisa menjadi bahan referensi tambahan untuk resep dapur Anda dirumah.

Resep terkait:

Cara Membuat Sambal Tuktuk Tradisional Khas Batak | Woiden | 4.5