Cara Membuat Sambal Cincalok Khas Kalimantan Barat

Resep Makanan Cincalok Khas Kalimantan Barat – Cincalok merupakan salah satu makanan tradisional khas Kalimatan barat. Makanan ini juga saat ini mulai berkembang dan dikenal luas hingga ke Kepulauan Riau dan di daerah Malaka dengan bahan olahan dan penyajian yang sama.

Makanan ini merupakan makanan yang dibuat dari olahan udang yang berukuran kecil dan di fermentasikan untuk memicu mikrob dalam kadar makanan. Salah satu mikrob yang berperan aktif dan penting dalam pengolahan fermentasi makanan ini ialah kelompok bakteri asam laktat. Kelompok bakteri ini bermanfaat dna memiliki kemampuan untuk menghasilkan senyawa-senyawa untuk mengeluarkan aroma dan rasa yang khas dalam makanan ini. Sehingga ini dapat meningkatkan nilai cerna makanan ini dan menghasilkan senyawa antimikrob yang bermanfaat untuk menghambat dan membunuh mikroorganisme seperti hidrogen perosida, karbondioksisa, asam laktat, dan bakteriosin.

Makanan ini dibuat dengan menggunakan udang dengan jenis Genus acetes, Udang ini dapat mudah ditemukan di perairan laut. Untuk mulai memproses penghidangan udang ini tentu di bersihkan terlebih dahulu dari kadar air laut yang menyerap di kulitnya. Kemudian dicampurkan dengan nasi dan garam. Campuran inilah yang nanti digunakan untuk fermentasi dengan cara di simpan di wadah tembikar dan ditutup kain atau penutup tembikar.

Resep Sambal Cincalok Khas Kalimantan Barat

Sambal Cincalok Khas Kalimantan Barat

Proses fermentasi ini membutuhkan waktu lamanya sekitar 20 hingga 30 hari agar proses fermentasi sempurna. Namun beberapa produsen menambahkan asam benzoat dan pewarna merah untuk makanan setelah fermentasi. Setelah itu, makanan ini siap untuk dimasak dengan proses olahan yang bervariasi, tergantung kehendak. Salah satunya dengan membuatnya sebagai Sambal Cincalok, seperti yang diterangkan dibawah.

Bahan Sambal Cincalok :

  • 1 bungkus kecil udang rebon basah
  • 2 siung besar bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe rawit

Bahan Pelengkap :

  • 1 Buah jeruk nipis/belimbing sayur
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya

Cara Membuat Sambal Cincalok Khas Kalimantan Barat :

  1. Panaskan minyak secukupnya.
  2. Tumiskan semua bumbu hingga mengeluarkan aroma harum.
  3. Masukan udang rebon basah, gula, dan sedikit air.
  4. Tunggu hingga terlihat memasak, ditandai dengan melayunya.
  5. Campurkan perasan jeruk nipis.
  6. hidangkan

Demikianlah artikel singkat mengenai cara membuat sambal cincalok yang enak dan lezat sebagai pendamping makanan rumahan khas sambal tradisional Kalimantan Barat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk resep dapur Anda dirumah.

Resep terkait:

Cara Membuat Sambal Cincalok Khas Kalimantan Barat | Woiden | 4.5