Cara Membuat Putu Mayang Enak dan Lezat

Cara Membuat Putu Mayang Enak dan Lezat Khas Indonesia – Putung mayang merupakan salah kue tradisional yang dibuat dari bahan utama tepung beras atau tepung kanji. Makanan ini dibuat dengan berbentuk seperti selayaknya mie dengna campuran santan kelapa. Namun beberapa penyajian juga menggunakan bahan gula jawa cair atau kinca sebagai bahan pelengkapnya.

Di Indonesia sendiri, makanan ini menjadi salah satu bagian dari seni kuliner betawi. Namun secara historis, makanan ini berasal dan terkait dengan putu yang awalnya berasal dari India Selatan yang masuk dan meluas di Indonesia.

Makanan ini memang memiliki bentuk dan adonan yang hampir menyerupai, yaitu dengan menggunakan bentuk adonan tepung kanji atau tepung beras yang dicetak berbentuk gumpalan mie. Namun putu mayang di Indonesia sedikit lebih berbeda dari segi tekstur dan rasanya, serta penyajiannya yang sedikit berbeda.

Makanan ini tidak hanya mudah di jumpai di Indonesia, melainkan di beberapa negara asia tenggara lainnya terdapat makana serupa dengan nama yang sama. Seperti pada negara Sri lanka, Malaysia, Singapura dan India.

Di Indonesia makanan putu mayang lebih menyatu dan tebal serta berukuran kecil dari segi tekstur dan olahan yang digunakan. Sementara putu mayang ditemui di India dan beberapa negara lainnya, biasnaya helai bahan yang digunakan lebih halus dan berukuran lebih besar.

Cara Membuat Putu Mayang Enak Khas Indonesia

Cara Membuat Putu Mayang Enak Khas Indonesia

Memakan kue ini bisa dengan cara menyiramkan kuah gula merah dan santan kemudian menambahkan seidkit taburan parutan kelapa pada permukaan makanan tersebut. Namun untuk mmebuatnya sendiri tidaklah sulit, ada beberapa langkah sederahana yang bisa Anda terapkan untuk membuat makanan ini seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Bahan Putu Mayang :

  • 200 gram Tepung Beras
  • 2 sendok makan Tepung Sagu
  • 500 ml Santan
  • secukupnya Air Panas
  • 250 gram Gula Jawa
  • 100 gram Gula Pasir
  • 2 helai Daun Pandan

Cara Membuat Putu Mayang Enak Khas Indonesia :

  1. Pertama campurkan sagu, tepung beras dan tambahkan sedikit garam. Serta percikan sedikit air lalu masukan ke dalam plastik dan lubangi di beberapa tempat atau kain tipis, kemudian kukus.
  2. Selanjutnya keluarkan tepung dari kukusan, lalu uleni dengna air panas hingga adonan kalis. Kemudian bagi menjadi tiga bagia dan campurkan pewarna makanan.
  3. Kemudian masukan adonan kedalam cetakan, kemudian cetak dalam mangkuk kecil seperti pada cetakan talak. Lalu kukus kembali hingga kurang lebih 5 menit.
  4. Selanjutnya buat saos atau kuahnya dengan merebus gula jawa, air gula pasir, daun pandan, dan garam hingga mendidih dan mengental. Kemudian tuangkan santan kedalam bahan lalu aduk hingga merata agar santan tidak pecah.
  5. Setelah semuanya matang, angkat, dan sajikan di wadah mangkuk dengan menata putu mayang, kemudian menyiramkan dengan saus atau kuah yang telah dibuat.

Demikian singkatnya mengenai cara membuat putu mayang yang enak khas indonesia. Anda juga bisa menambahkan campuran durian untuk menambahkan rasa dari makanan.

Resep terkait:

Cara Membuat Putu Mayang Enak dan Lezat | Woiden | 4.5