Cara Membuat Makanan Lawa Enak dan Lezat

Cara Membuat Makanan Lawa Enak Khas Indonesia – Lawa merupakan salah makanan ringan atau makanan pelengkap untuk makanan utama seperti nasi papeda, kapurung, dan berbagai makanan utama lainnya.

Makanan ini makanan pelengkap khas indonesia yang juga menjadi salah satu makanan populer di berbagai daerah di Indonesia. Umumnya makanan ini populer di daerah Sulawesi Selatan, Maluku, dan Kalimantan Utara. Biasanya makanan ini disajikan oleh masyarakat sekitar sebagai bahan pelengkap ketika menyajikan makanan malam. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang menyajikan makanan ini sebagai makanan cemilan atau siap santap.

Makanan ini juga memiliki banyak variasi bahan, beberapa orang membuat makanan ini dengan menggunakan ikan atau biasanya disebut dengan lawa bale. Namun beberapa orang juga menhidangkan makanan ini dengan menggunakan bahan udang galah atu jantung pisang seperti pada di kalimantan utara. Tidak heran mengapa makanan ini bisa sangat populer untuk dibeberapa wilayah.

Selain memiliki rasa yang enak dan berciri khas, makanan ini juga memiliki cita rasa yang kuat dan penyedap selayaknya cabe yang menjadi bahan penambah nafsu makan. Ada dua bumbu yang umumnya digunakan untuk membuat olahan ikan yang digunakan, yaitu menggunakan air lemon ataupun jerup nipis dan garam.

Cara Membuat Lawa Khas Indonesia

Cara Membuat Lawa Khas Indonesia

Semua tergantung dari penyaji, namun untuk membuat makanan ini tidaklah sulit, sebab beberapa bahan mungkin cukup mudah untuk Anda temukan di pasar modern ataupun tradisional. Selebihnya mengenai cara pembuatannya akan dijelakan pada langkah-langkah dibawah ini:

Bahan Lawa :

  • 1 buah jantung pisang ukuran sedang
  • 200 gr ikan mairo (buang tulang dan kepalanya)
  • 2 buah jeruk nipis
  • 15 buah cabai rawit (sesuai selera kalau mu pedes)
  • 1/2 buah kelapa parut (sangrai)
  • Garam dan vitsin secukupnya

Cara Membuat Lawa Khas Indonesia :

  1. Pertama, bersihkan jantung pisang terlebih dahulu, kemudian iris tipis. Lalu rendam irisan tersebut dalam air, nerup nipis dan garam selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu remas irisan jantung pisang hingga melayu.
  2. Bersihkan ikan mairo, kemudian berikan perasa jeruk nipis hingga ikan mulai berubah warna kepucatan.
  3. Tumbuk cabai rawit hingga halus, kemudian campurkan kelapa yang telah di sangrai. Lalu tumbuk hingga halus.
  4. Kemudian campurkan semua bahan yang telah diolah sebelumnya kedalam satu wadah, kemudian aduk hingga merata. Tambahkan perasan jeruk nipis hingga terasa asam, lalu tambahkan garam dan vitsin. Aduk kembali hingga merata.
  5. Setelah itu, makanan lawa siap untuk Anda hidangkan.

Itulah singkatnya mengenai cara membuat makanan lawa yang enak khas indonesia. Anda juga bisa memvariasikan bahan utama sesuai yang Anda inginkan, misalnya dengan menggunakan bahan utama ikan, udang, dan sebagainya. Semoga tulisa mengenai cara membuat lawa ini bisa bermanfaat untuk resep dapur Anda

Resep terkait:

Cara Membuat Makanan Lawa Enak dan Lezat | Woiden | 4.5