Cara Membuat Kue Wajik Khas Sumatera Barat

Cara Membuat Kue Wajik Khas Sumatera Barat – Kue Wajik merupakan salah satu kuliner atau kue ketan enak khas Indonesia. Kue ini memiliki beberapa nama istilah sebutan yang bermacam – macam di setiap tempat dan daerah yang berbeda. Nam kue wajik sendiri lebih umum dikenal pada daerah sekitaran Jawa Tengah. Kue ini di Sumatera sendiri biasanya disebut dengan pulut manis.

Kue Wajik dibuat dengan beragam bahan adonan yang dimana bahan utamanya adalah ketan. Itulah mengapa kue ini disebut dengan wajik atau istilahnya ketan wajik.

Selain memiliki istilah nama yang berbeda-beda disetiap daerah, makanan ini rupanya sudah cukup dikenal di hampir sebagian besar wilayah Indonesia dengan istilah yang berbeda, dari pulau sumatera, kalimantan, jawa, sulawesi, dan papua. Tidak hanya di Indonesia, melainkan beberapa negara tetangga seperti malaysia dan brunei mengetahui dan bahkan terdapat kue ini dengan istilah yang berbeda.

Cara Membuat Kue Wajik Khas Indonesia

Cara Membuat Kue Wajik Khas Indonesia

Membuat kue ini tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue wajik ini menjadi enak. Salah satunya seperti ketan dan gula merah. Lebih detailnya mengenai langkah dan bahan apa saja yang digunakan, silahkan menyimak uraian dibawah ini:

Bahan Kue Wajik :

  • 1 liter/800gr beras ketan putih (rendam 2jam)
  • 200 ml santan dr 1bks kara (untuk bahan ngaron)
  • 600 gr gula merah sisir halus
  • 75 gr gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • 200 ml santan dr 1bks kara (untuk direbus bersama gula merah)

Cara Membuat Kue Wajik Enak Khas Indonesia :

  1. Cuci beras ketan yang telah direndam, kemudian tiriskan.
  2. Rebus santan untuk ngaron hingga mendidih, kemudian masukan beras ketan. Aron hingga santannya meresap dan mengering.
  3. Kukus selama kurang lebih 10 menit, lalu sisihkan.
  4. Rebus gula merah, garam, gula pasir, dan santan hingga mendidih. Kemudian tuangkan kedalam wajan, lalu campurkan beras ketan yang telah dikukus sebelumnya. Aduk hingga gula meresap dan mengering. Anda perlu mengaduk terus agar adonan tidak gosong.
  5. Setelah dikukus selama kurang lebih 25 menit, Masukan kedalam loyang ukuran 24×24 yang telah dialasi dengan plastik. Padatkan adonan, kemudian biarkan hingga mendingin, lalu potong-potong sesuai yang Anda inginkan.

Itulah beberapa langkah mudah serta bahan adonan yang digunakan untuk membuat kue wajik ketan enak kuliner khas indonesia. Selebihnya jika Anda yang kurang dalam penulisan, mohon dimaafkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk resep dapur Anda dirumah.

Resep terkait:

Cara Membuat Kue Wajik Khas Sumatera Barat | Woiden | 4.5