Cara Membuat Kue Timphan Khas Banda Aceh

Cara Membuat Kue Timphan Enak Khas Aceh – Timphan merupakan salah satu penganan kecil atau kue sejenis lepas yang berasal dari daerah Aceh. Kue ini menggunakan bahan dari pisang, tepung, dan santan. Semua bahan yang digunakan ini kemudian di aduk – aduk hingga kenyal. Lalu dibuat berbentuk memanjang dan disikan dengan berbagai olahan didalamnya seperti kelapa parut dan serikaya yang dicampurkan dengan gula untuk menambahkan rasa manis. Dari segi tampilan, kue timphan ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus selama kurang lebih satu jam.

Kue Khas Aceh ini umumnya disajikan pada acara – acara formal sebagai bahan makanan penutup, seperti acara pesta pernikahan atau di hari – hari besar islam. Kue ini menjadi salah satu makanan atau kue warisan nenek moyang dari pendahulu warga Aceh. Adapun peribahasa yang membuktikan keberadaannya sejak terdahulu, yang berbunyi “Uroe get buluen get, Timphan ma peugoet beumeuteme rasa” atau yang dalam artinya adalah Hari baik bulan yang baik, timphan yang dibuat oleh ibu harus dapat aku rasakan. Maka dari itu, konon dikatakan makanan atau kue ini benar-benar sudah ada sejak beberapa puluhan tahun lamanya di aceh terdahulu.

Jika Anda berkunjung ke Banda Aceh, Anda wajib untuk mencicipi makanan yang lezat ini. Untuk mendapatkannya sendiri itu tidaklah sulit. Beberapa jajanan kue pinggir jalan atau toko kue khas tradisional beberapa ditemukan menawarkan jajanan kue ini. Jadi Anda bisa dengan mudah tentunya untuk mencicipnya.

Resep Kue Tradisional Timphan Khas Banda Aceh

Namun kue ini mungkin hanya Anda temukan di daerah Aceh atau sekitarnya, sehingga sulit untuk mendapatkan dari luar pulau sumatera. Maka, jika Anda berada diluar dari sekitaran Aceh, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dari rumah. Beberapa resep dan bahan olahanya dapat Anda temukan, selebihnya akan dijelaskan dibawah ini.

Bahan Kue Timphan :

  • 500 gram Tepung beras ketan
  • 5 buah Pisang wak atau pisang yg lain
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kelapa parut yg udah dikukus
  • Buah nangka matang secukupnya
  • Daun pisang muda secukupnya

Cara Membuat Kue Timphan Enak Khas Banda Aceh :

  1. Haluskan pisang, kemudian campurkan dengan tepung beras. Pastikan tepung tercampur hingga merata ke seluruh bagian pisang.
  2. Setelah tepung merata, kukus sejenak bersamaan dengan kelapa parut kemudian campurkan gula pasir dan garam sedikit untuk menambahkan rasanya.
  3. Siapkan daun pisang, kemudian ratakan adonan tepung beras.
  4. Tambahkan kelapa parut dan buah nangka pada kukusan adonan sebelumnya, selayaknya membuat kue lemper.
  5. Kemudian kukus kembali sekitar 30 hingga 40 menit.
  6. Siapkan dan hidangkan.

Demikianlah artikel singkat dan sederhana mengenai resep, bahan olahan dan cara membuat kue timphan khas Banda Aceh yang enak dan lezat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk resep dapur Anda nantinya dirumah.

Resep terkait:

Cara Membuat Kue Timphan Khas Banda Aceh | Woiden | 4.5