Cara Membuat Kue Kelicuk Khas Rejang

Cara Membuat Kue Kelicuk Khas Suku Rejang – Kelicuk merupakan salah tradisional khas suku Rejang dari Daerah Bengkulu. Makanan ini berupa kue penganan dengan beberapa kompisis adonan yang terdiri dari pisang yang dicampurkan dengnan beras ketan. Kemudian donan itu di aduk-aduk, lalu dibungkus dengan daun pisang seperti pada thumbnails artikel ini.

Makanan ini cukup terkenal di Indonesia, khususnya pada wilayah Kapahiang dan sebagian wilayah di sumatera selatan lainnya. Jika dilihat dari tampilannya, makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang dengan berbentuk kerucut. Kelicuk sendiri merupakan artian dari lakuran dari kelituk dan cencuk. Kedua bahas ini merupakan bahasa dari suku rejang, dimana kelituk yang bermakna melimpat, sedangkan cencuk yang bermakna ditusuk dengan jari telunjuk.

Ini mungkin berhubungan dengan proses pembuatannya, dimana proses pembuatan ini dibungkus berbentu kerucut yang tentu ini memerlukan kedua gerakan tangan itu, sehingga mungkin itulah mengapa disebut dengan kelicuk. Tapi lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan pada orang asli suku Rejang yang mengenal betul sejarah dari makanan ini.

Jika Anda berkunjung ke Bengkulu, Anda sepatutnya untuk mencoba salah satu kue ini. Kue ini bisa Anda dapatkan di beberapa toko jajanan kue pinggir jalan didaerah tersebut. Namun jika Anda kesulitan atau belum Anda waktu untuk berkunjung ke daerah itu, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dari rumah dengan resep dan langkah pembuatan sebagai berikut dibawah.

Resep Kue Pisang Kelicuk Tradisional Khas Rejang

Bahan Kelicuk :

  • 1/2 Kg tepung terigu
  • 1 sisir pisang kapas
  • Daun pisang secukupnya
  • 1 sdm garam

Cara Membuat Kue Pisang Kelicuk Khas Rejang :

  1. Masukan pisang, tepung terigu, dan garam kedalam satu wadah. Kemudian remat menggunakan ujung gelas atau ulekan hingga halus.
  2. Panaskan daung pisang diatas api kompor hingga layu. Kemudian potong hingga menjadi beberapa bagian yang dapat digunakan untuk membungkus adonan kue.
  3. Bungkus adonan dengan daun pisang yang telah dipanaskan sebelumnya berbentuk kerucut.
  4. Kukus adonan kurang lebih hingga 15 – 20 menit.
  5. Angkat dan sajikan.

Itulah beberapa uraian mengenai resep dan langkah cara membuat kue pisang bernama kelicuk khas makanan kue tradisional suku Rejang, Bengkulu. Selebihnya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk resep dapur Anda dirumah nantinya.

Resep terkait:

Cara Membuat Kue Kelicuk Khas Rejang | Woiden | 4.5