Cara Membuat Kue Geplak Khas Jogja

Cara Membuat Kue Geplak Khas Bantul Geplak merupakan salah satu makanan atau kue khas dari kota Bantul yang dibuat dari olahan parutan kelapa dan gula jawa atau gula pasir. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis. Di beberapa daerah lainnya, makanan ini memiliki nama istilah yang berbeda, misalnya pada makanan betawi yang serupa namun menggunakan tambahan campuran berupan tepung beras dan daun jeruk purut. Beberapa geplak juga dibuat dengan menggunakan waluh.

Umumnya kue geplak mudah ditemukan di kota asalanya Bantul ataupun di Yogyakarta yang dimana makanan ini juga biasanya dijajakan sebagai kue rumah tangga.Walaupun kue ini berasal dari jawa tengah, namun Anda bisa menemukan makanan hingga ke beberapa kota lainya di luar jawa, mengingat makanan ini juga telah menyebar dan cukup terkenal hingga ke wilayah lainnya di Indonesia.

Cara Membuat Geplak Khas Yogyakarta

Cara Membuat Geplak Khas Yogyakarta

Apabila anda berkunjung ke kota Jogja, Anda juga wajib membeli makanan ini sebagai oleh-oleh yang bisa Anda beli di beberapa toko kue di kota Jogja. Makanan ini cukup awer hingga beberapa hari, itu sebabnya makanan ini dapat sebagai makanan oleh-oleh. Pembuatannnyapun tidaklah sulit, Anda hanya membutuhkan beberapa parutan kelapa, gula jawa dan beberapa bahan lainnya seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Bahan Geplak :

  • 1 gelas air yang sudah matang
  • 1 butir kelapa yang sudah diparut memanjang
  • 750 gram tepung beras
  • 500 gram gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Geplak Khas Jogja :

  1. Pertama, sangrai tepung beras hingga mengering. Kemudian campurkan kelapa parut lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata. Kemudian sisihkan.
  2. Selanjutnya, rebus air dan gula hingga mendidih di wadah yang berbeda. Sembari mengaduk hingga gula larut, kemudian angkat.
  3. Campurkan kelapa dan tepung beras kedalam wadaha adonan. Kemudian aduk dengan cepat agar semua adonan tercampur merata dan tidak melengket.
  4. Setelah tercampur merata. Matikn api dan bentuk adonan seperti geplak.
  5. Ambil sedikit demi sedikit adonan untuk dibuat menjadi bulatan.
  6. Sisihkan adonan yang telah dibentuk, kemudian diamkan hingga mengeras.
  7. Sajikan

Itulah beberapa cara sederhana untuk membuat kue geplak yang enak khas yogyakarta dan bantul. Selebihnya semoga dapat bermanfaat untuk resep dapur Anda dirumah nantinya.

Resep terkait:

Cara Membuat Kue Geplak Khas Jogja | Woiden | 4.5