Cara Membuat Kue Gapit Khas Cirebon

Cara Membuat Kue Gapit Khas Cirebon – Kue Gapit merupakan salah satu jenis kue kering asal Indonesia khususnya dari daerah Cirebon, Jawar Barat. Umumnya kue ini dibuat menggunakan bahan dari tepung tapioka. Kue ini disebut gapit karena diambil dari proses pembuatannya. Makanan ringan ini biasanya dihidangkan dengan berbagai bentuk dan aneka rasa yang membuat seseorang dapat ketagihan untuk mencicipanya.

Walaupun sejatinya makan ini merupakan oleh-oleh yuang dibiasanya dicari oleh pengunjung atau turis lokal maupun manca negara yang pernah bertandang ke kota Cirebon, para penduduk cirebon sendiri jarak mencicipi makanan ini. Sebab kue ini cukup jarang ditemui langsung diluar dari toko oleh-oleh yang ada di kota cirebon ini.

Kue yang tampilannya seperti wafer ini juga bisa ditemukan dibeberapa wilayah lain sekitar cirebon diantaranya seperti lantak, laduk klitik, doplak, dan intip gunung jati. Kue ini disebut gapir karena beberapa sumber mengatakan bahwa pengambilan nama diambil dari bahan pembuatannya yang di gapit atau dijepit menggunak bahan cetakan diatas api.

Cara Membuat Kue Gapit Khas Cirebon

Kue ini menggunakan bahan seperti tepung dan beras, telur ayam, air kelapa, tepung terigu, gula, garam, dan kayu manis. Lebih jelasnya mengenai bagaimana cara membuat makanan ringan ini serta bahan olahan apa saja yang digunakan, bisa dilihat melalui uraian dibawah ini:

Bahan Kue Gapit :

  • 350 g tepung ketan putih
  • Santan encer secukupnya (Digunakan untuk menguleni)
  • Daun kucai yang telah di potong-potong

Bumbu Halus :

  • 5 buah bawang putih
  • 50 g kencur
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Gapit Khas Cirebon :

  1. Haluskan bumbu menggunakan blender kemudian tambahan sedikit air.
  2. Kemudian tambahkan tepung ketan putih.
  3. Uleni menggunakan bahan santan
  4. Setelah adonan sudah dapat untuk dibentuk, buatlah bulatan-bulatan kecil atau bentuk yang Anda inginkan. Kemudian rendam dalam minyak
  5. Siapkan cetakan yang telah dipanaskan, kemudian olesi minyak pada permukaan cetakan.
  6. Sesuai cetakan dalam api kecil, kemudian letakan adonan bulatan kue ke atas cetakan, lau gapit atau jepit dari dua sisi hingga adonan gepeng.
  7. Panggang cetakan diatas api kecil. biarkan sejenak sekitar 30 detik tiap sisi, kemudian bolak balik.
  8. Kemudian angkat dan hidangkan.

Itulah beberapa langkah dan uraian singkat mengenai cara membuat kue gapit khas tradisional jajanan enak cirebon jawa barat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat kue gapit dirumah.

Resep terkait:

Cara Membuat Kue Gapit Khas Cirebon | Woiden | 4.5