Cara Membuat Kue Bika Ambon Khas Indonesia

Cara Membuat Kue Bika Ambon Enak Khas Indonesia – Bika Ambon merupakan salah satu makanan atau penganan khas Indonesia yang dibuat dari berbagai bahan utama seperti telur, santan, dan gula. Makanan ini juga biasnaya dijual dengan berbagai aneka rasa seperti rasa pandan, dan keju.

Selayaknya sebuah martabaka manis, seiring perkemangan variasi makanan, penganan mika ambon ini juga mengalami perubahaan variasi rasa yang biasnaya ditemukan di jajakan, misalnya dengan rasa durian, keju, dan cokelat.

Makanan ini juga biasanya dapat bertahan hingga dalam kondisi terbaik selama kurang lebih empat hari lamanya, setelah itu biasanya kue akan mulai berteksur keras. Itulah mengapa makanan ini biasanya juga dijadikan sebagai kue oleh-oleh.

Menurut uraian dari seorang ahli budayawan dan sejarah mengemukakan bahwa kue pengananan ini merupakan kue yang terilhami dari kue khas melayu yaitu Bika atau Bingka. Dimana kue ini dimodifikasi atau divariasikan dengan pengembangan bahan-bahan tambahan hingga bertekstur rongga yang berbeda dari kue bika khas melayu saat itu.

Bika ambon sendiri dikenal sebagai oleh-oleh khas dari kota medan, sumatera utara. Di kota medan sendiri, tepatnua di jalan mojopahit daerah medan petisah terdapatkan sedikitnya puluhan toko yang menjual kue ini sebagai oleh-oleh. Setiap toko bahkan mengklaim penjualannya lebih dari 1000 bungkus setiap harinya.

Cara Membuat Bika Ambon Enak

Cara Membuat Bika Ambon Enak

Ini jelas menandakan bahwa kue atau penganan ini memang banyak diminati oleh orang-orang dari seluruh indonesia. Nama ambon sendiri diambil bukan dari asal Ambon maluku, melainkan dari nama jalan tempat asal muasal produksi kue ini tempatnya di Jalan Ambon, Medan. Membuat makanan ini sebenarnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah yang dibutuhkan seperti yang dijelaskan diartikel ini untuk bisa membuat kue penganan ini dengan tepat.

Bahan Bika Ambon :

  • 125 ml air
  • 11 gr fernipan(1bks)
  • 50 gr trigu segitiga

Bahan Santan :

  • 300 ml santan
  • 320 gr gula pasir(bsa ditmbah bila suka mnis..)
  • 1/2 sdt garam
  • 8 daun jeruk
  • 1 Ruas Jari kunyit

Bahan Adonan :

  • 7 butir telor utuh
  • 4 kuning telor
  • 225 gr tepung sagu
  • 25 gr tepung ketan

Cara Membuat Bika Ambon Enak Khas Indonesia :

  1. Pertama, campurkan semua bahan biang dalam satu wadah, kemudian aduk hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Kemudian masak bahan santan bersama dengan garam, daun jeruk, dan kunyit hingga mendidih. Kemudian campurkan gula lalu aduk hingga gula melarut dalam bahan. Lalu matikan kompor dan biarkan bahan hangat terlebih dahulu.
  3. Setelah adonan biang masak hingga 15 menit, masukan telur utuh, kemudian aduk hingga merata, kemudian campurkan kuning telur lagi. Kemudian masukan tepung sagu dan tepung ketan. Lalu aduk hingga merata sembari mencampurkan rebusan santan yang telah disaring sebelumnya. Kemudian aduk hingga merata, lalu tutup dengan plastik dan diamkan selama 3 jam.
  4. Setelah 3 jam, masukan kedalam cetakan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kemdudian masukan ke dalam oven dengan suhu 180 celcius hingga durasi kurang lebih 40 menit.
  5. Setelah matang, hidangkan dan nikmati.

Demikian singkatnya mengenai cara membuat kue penganan bika ambon khas indonesia yang enak. Anda juga bisa menambahkan varias topping dengan menambahkan parutan cokelat atau keju diatas bahan kue untuk disajikan.

Resep terkait:

Cara Membuat Kue Bika Ambon Khas Indonesia | Woiden | 4.5