Cara Membuat Kue Bagea Khas Maluku

Cara Membuat Kue Bagea Khas Maluku – Bagea merupakan salah satu kue tradisional khas Maluku, tepatnya di Maluku Utara dan Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Bagea sendiri berbentuk bulat dengan warna agak kecokelatan.

Kue ini bertekstur agak keras, sehingga beberapa orang yang baru pertama kali memakannya, mungkin akan agak kesulitan mengunyahnya. Makanan ini sendiri dibuat dari bahan olahan sagu. Biasanya bagea di santap dengan minuman seperti kopi atau teh. Di Ternate sendiri, kue ini biasanya ditambahkan dengan biji kenari sebagai topping tambahan.

Cara Membuat Kue Bagea Enak

Cara Membuat Kue Bagea Enak

Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini cukup sederhana, beberapa diantaranya seperti biji kenari yang telah dicincang, gula halus, minyak sayur, tepung sagu, tepung terigu, kayu manis bubuk, kacang tanah yang telah dihaluskan, dan cengkinh bubuk. Sedangkanya untuk pembuatan makanan ini juga terbilang cukup sederhana seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Bahan Kue Bagea :

  • 400 g Tepung sagu, sangrai
  • 1 sdt Kayu manis bubuk
  • 50 g Kenari cincang, sangrai
  • 150 g Gula pasir. Diblender sebentar hingga halus
  • 1/2 sdt Soda kue
  • 100 ml Minyak sayur
  • 2 butir Telur ayam

Cara Membuat Kue Bagea Khas Maluku :

  1. Pertama, campurkan bahan soda kue, tepung sagu, dan kayu manis. Kemudian ayak bahan tersebut.
  2. Selanjutnya di wadah yang berbeda, mixer gula dan telur hingga mengental.
  3. Kemudian masukan bahan kering berupa Telur ayam, kenari cincang, soda kue, dan minyak sayur. Kemudian kocok dengan kecepatan rendah.
  4. Selanjutnya bentuk adonan menjadi oval sesuai dengan kehendak atau seperti pada gambar thumbnails artikel ini.
  5. Panaskan oven, kemudian tata adonan kedalam loyang yang telah diolesi dengan margarin. Anda juga bisa menggunakan alas baking paper apabila tidak memiliki margarin.
  6. Kemudian panggan adonan dalam oven dengan suhu 160 ℃ selama 30 menit, kemudian angkat dan didingkan adonan.
  7. Apabila adonan masih terasa lengket dan lengket, sebaiknya Anda menambahkan tepung sagu hingga adonan kalis, atau dengan membiarkan adonan dalam kulkas hingga kurang lebih 30 menit.
  8. Setelah tekstur kering, selanjutnya sudah bisa Anda hidangkan.

Itulah singkatnya mengenai cara membuat kue bagea yang enak khas maluku dan kota palopo yang enak. Lengkap beserta bahan yang digunakan untuk membuat kue tersebut. Selain itu, Anda bisa menambahkan topping tambahan diatas kue, misalnya dengan menambahkan biji kenari diatas adonanya.

Resep terkait:

Cara Membuat Kue Bagea Khas Maluku | Woiden | 4.5