Cara Membuat Gemblong Enak Khas Banten

Cara Membuat Gemblong Enak Khas Banten – Gemblong merupakan salah satu kue tradisional atau makanan tradisional khas Indonesia, tepatnya banten. Makanan ini umumnya tergolong dalam kategori kue jajanan pasar. Makanan ini sendiri dibuat dari adonan tepung beras ketan putih yang kemudian di uleni hingga kalis dan berbentuk bulat selayaknya bola. Tidak hanya disitu, makanan ini juga diolah dengan cara di goreng dengan lapisan larutan gula aren, sehingga rasa gula aren mungkin akan terasa lebih.

Di daerah Jawa Timur sendiri, makanan ini biasanya dikenal dengan nama yang berbeda yaitu Getas. Meskipun keduanya memiliki tampilan dan rasa yang sama, namun keduanya memiliki sedikit perbedaan dalam penggunaan bahan olahan yang dimana pada Getas itu menggunakan bahan olahan ketan hitam sedangkan gemblong menggunakan ketan putih.

Makanan ini sudah lebih akrab dikenal sejak dari dulu oleh masyarakat sunda, betawi dan jawa. Namun untuk secara pastinya makanan atau kue ini belum diketahui jelas bahwa dimana kue ini berasal. Namun beberapa orang mengatakan kue ini berasal dari banten, hal ini juga diiyakan oleh daftar masakan indonesia di wikipedia yang mencantumkan kue ini sebagai salah satu kategori makanan dari provinsi ini.

Kue Gemblong Khas Indonesia

Untuk membuat kue ini tidaklah sulit, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan yang digunakan untuk membuatnya yang dimana bahan ini sangat mudah dan banyak ditemui di pasar-pasar tradisional maupun modern di Indonesia. Misalnya seperti tepung ketan, kelapa mudah, santan, tepung kanji, margarin, dan garam. Serta cara pengolahanya-pun tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Bahan Gemblong :

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 100 gram kelapa parut
  • Sejumput garam
  • 150 ml santan (65 ml santan kara + air)
  • Bahan balutan :
  • 50 gram gula merah (disisir)
  • 50 gram gula pasir
  • 120 ml air
  • 1 lbr daun pandan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Gemblong Enak Khas Banten :

  1. Pertama, campurkan tepung ketan, garam, dan kelapa parut. Kemudian tuangkan santan peralahan-lahan ke dalam wadah adonan.
  2. Aduk hingga semua adonan tercampur rata sambil diuleni hingga kalis dan dapat dibentuk.
  3. Buat adonan menjadi berbentuk oval seperti pada ukuran kue ini jadinya
  4. Goreng adonan kedalam minyak panas menggunakan api sedang hingga adonan mulai berwarna kecoklatan.
  5. Setelah adonan berwarna kecoklatan, angkat tiriskan.
  6. Pada wadah yang lainnya, didihkan bahan balutan, kemudian masukan daun pandan.
  7. Masak hingga berbuih dan mengetal. kemudian campurkan adonan gemblong yang telah ditiriskan sebelumnya. Aduk-aduk agar adonan meratas ke permukaan gembblong dengan gula.
  8. Matikan api kompor, kemudian aduk kembali hingga gula mengering dan mengeras.
  9. Angkat makanan dan sajikan.

Itulah beberapa langkah dan uraian singkat mengenai cara membuat kue gemblong khas tradisional jajanan enak indonesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat kue gemblong dirumah.

Resep terkait:

Cara Membuat Gemblong Enak Khas Banten | Woiden | 4.5