Cara Membuat Bassang Khas Sulawesi Selatan

Cara Membuat Bubur Bassang Khas Sulawesi Selatan – Bassang merupakan salah satu makanan sejenis bubur khas dari Sulawesi Selatan. Makanan sejenis bubur ini dibuat dengan bahan utama jagung pulut atau jagung ketan, tepung terigu, air gula, dan garam. Bassang biasnaya dihidangkan dalam keadaan panas yang telah dicampurkan dengan gula pasir secukupnya.

Makanan bubur ini sangat terkenal di wilayah kota Makassar dan sekitarnya. Makanan yang memiliki bahan penuh dari butiran jagung ini, memang memiliki rasa yang enak dengan tekstur yang kental dari tepung terigu serta paduan rasa manis dimulut. Biasanya warga masyarakat menghidangkan makanan ini sebagai menu sarapan bubur sebelum beraktivitas atau di akhir pekan.

Apabila Anda berkunjung ke kota Makassar, maka makanan ini bisa menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda cicipi di pagi hari sebagai menu sarapan. Biasanya makanan ini bisa Adna jumpai di sekitaranya area Pantai Losari. Biasanya pedangan kaki lima menghidangkan makanan ini menggunakan gerobak atau meja sederhana.

Cara Membuat Bassang Khas Makassar

Cara Membuat Bassang Khas Makassar

Harga dari makanan ini juga cukup murah yang berkisar antara 5000 rupiah hingga 12 ribu rupiah, tergantung porsi dan tambahan lainnya. Makanan ini juga diklaim bisa mengenyangkan karena mmeiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi selayaknya makanan nasi. Sedangkan untuk membuat makanan ini juga tidaklah sulit, Anda bisa membuatnya dengan beberapa bahan yang diperlukan seperti yang dijelaskan dibawah ini;

Bahan Bubur Bassang :

  • 200 gr jagung pulut atau jagung bassang
  • 200 ml santan kental
  • 100 ml air
  • 1 liter santan
  • 1 liter air untuk merebus
  • 50 gr tepung maizena
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanili

Cara Membuat Bubur Bassang Khas Sulawesi Selatan :

  1. Pertama, kupas dan bersihkan jagung dari kulit dan rambutnya. Kemudian rendam jagung hingga semalaman.
  2. Selanjutnya, rebus jagung hingga bertekstur lunak, kemudian tambahkan air secukupnya. Anda bisa menambahkan air secara terus menerus, apabila air mulai menyurut, namun teksutr jagung belum lunak.
  3. Setelah jagung lunak, tambahkan daun pandan dan santan cair. Kemudian aduk secara terus menerus agar santan tidak pecah. Lakukan terus menerus hingga bahan mendidih.
  4. Setelah mendidih, laruskan 50 gr tepung maizena dan 100 ml air. Kemudian campurkan jagung rebusan, dan aduk kembali hingga merata dan mulai mengental.
  5. Masukan santan kental, vanili bubuk, dan garam. Kemudian aduk hingga merata hingga bahan adonan cair mulai meletup.
  6. Setelah masak, angkat dan hidangkan.

Demikian singkatnya mengenai cara membuat serta bahan yang digunakan pada bubur bassang yang enak khas Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini sangat cocok untuk dihidangkan di pagi hari sebagai sarapan, namun juga lezat di cicipi di malam hari atau keadaan lagi dingin.

Resep terkait:

Cara Membuat Bassang Khas Sulawesi Selatan | Woiden | 4.5